ANALISIS PERILAKU
KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SAYURAN DI PASAR MODERN KOTA BEKASI Oleh : Euis Dasipah, Haris Budiyono, Meilan
Julaeni Vol. 1 No. 2, Juli
2010.
Dalam penelitian yang diambil pada 4 pasar modern yaitu supermarket Naga,
Pondok Ungu, Superindo, Hypermarket (Grand Mall), dan Alfa Supermarket (Harapan
Indah), pembelian sayuran didominasi oleh kaum wanita
yang merupakan ibu-ibu muda, mereka mulai memikirkan kesehatan keluarganya. Semakin
bertambah usia seseorang kondisi fisiknya akan semakin menurun tetapi kesadaran
akan pentingnya arti kesehatan akan semakin meningkat. Tingkat pendidikan juga berpengaruh dalam pembelian produk sayuran di
pasar modern, sebagian responden merupakan lulusan diploma yang mengerti
bagaimana cara untuk menjaga kesehatan keluarganya. Dalam sehari berbelanja
bisa menghabiskan biaya sebesar Rp. 25.000 - Rp. 50.000, dengan kisaran gaji
antara Rp. 2.000.000 - Rp. 3.000.000 mereka tidak keberatan membayar mahal
untuk sayuran segar yang ada di pasar modern karena mutu dan kualitasnya.
Sayuran yang paling banyak dibeli oleh konsumen adalah bayam hijau, brokoli,
wortel, sawi putih dan jagung manis.
Banyak faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam membeli sayuran di pasar modern, misalnya saja
referensi dari teman, keluarga atau kerabat dekat, tingkat pendidikan yang
tinggi dan usia seseorang juga dapat mempengaruhi keputusannya dalam membeli
sayuran di pasar modern karena kebersihan dan kenyamanannya. Ada juga yang
memebeli sayuran hanya saat-saat tertentu saja, namun ada juga yang rutin
setiap hari membeli sayuran.
Faktor-faktor dominan yang
mempengaruhi atau dipertimbangkan dalam proses pembelian sayuran adalah faktor
budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Variabel-variabel
dominan yang mempengaruhi atau dipertimbangkan konsumen dalam proses pembelian
adalah keluarga, kelompok referensi, usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, pembelajaran,
peran dan status, kepribadian, motivasi, persepsi, demografi, gaya hidup, kelas
social, keadaan ekonomi dan keyakinan.
Perusahaan sebaiknya menambah
informasi pada kemasan mengenai kualitas sayuran, tanggal produksi, cara
penyimpanan, menjaga kesegaran dan daya tahan produk, penempatan sayuran di
pasar modern harus dijaga sehingga tidak mudah rusak karean akan mengakibatkan
sayuran tersebut mudah membusuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar