Senin, 13 Oktober 2014

Teori Etika Utilitarian

1. Kasus
Jenis usaha yang menurut saya bermanfaat dan yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah usaha milik orang tua saya sendiri yang bergerak dibidang kuliner, yaitu warung bakso dan mie ayam. Warung bakso dan mie ayam ini di bangun di Jl. Kapuk Raya Gg. Taniwan No. 77 Jakarta barat. Sudah puluhan tahun warung ini didirikan, sehingga sudah memiliki banyak pelanggan tetap.

2. Teori
Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan.
Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan.
Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

3. Analisis
Menurut teori utilitarian, bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki manfaat, berfaedah dan berguna bagi sebagian besar konsumen dan masyarakat. Misalnya, warung bakso milik orang tua saya yang berada dilingkungan industri. Warung bakso ini tersedia berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang sudah diperhitungkan agar dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar.
Banyak karyawan pabrik yang datang untuk makan siang di warung milik orang tua saya ini karena terbilang murah dan dijadikan alternatif lain jika mereka bosan dengan makanan rumahan seperti warteg. Masyarakat sekitar yang malas memasak juga bisa membeli bakso diwarung bakso ini untuk keluarganya. Orang tua saya sudah menetapkan harga untuk setiap porsinya, namun untuk bakso konsumen bisa saja membeli sesuai dengan uang yang mereka miliki atau bakso yang mereka butuhkan, contohnya jika mereka mau membeli bakso untuk memberi makan anaknya yang masih kecil, mereka tidak perlu membeli satu porsi, tapi bisa setengah porsi. Bahkan, konsumen juga bisa membeli bakso kering untuk diolah kembali di rumah sebagai tambahan sayuran, seperti sayur sop dll.
Warung bakso ini sangat bermanfaat karena dapat dijadikan opsi bagi mereka yang memiliki waktu makan siang yang singkat, karena penyajiannya yang cepat dan mengenyangkan. Hal tersebut membuat yang membuat warung bakso ini tidak pernah sepi pembeli.
4. Referensi
Teori Utilitarianisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar