Minggu, 19 Oktober 2014

Corporate Social Responsibility

1. Kasus
Contoh perusahaan yang melakukan program CSR adalah PT indofood.

2. Teori
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kemampuannya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan atau sosial di mana lingkungan perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

MANFAAT CSR BAGI MASYARAKAT

 CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat, ini akan sangat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty). Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.
Intinya manfaat CSR bagi  masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran untuk mencapai kesejahteraan tercapai.

MANFAAT CSR BAGI PERUSAHAAN
  • Meningkatkan Citra Perusahaan 
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
  • Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan.
  • Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
  • Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
  • Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas.
Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

3. Analisis
PT. Indofood dalam mengaplikasiakn program CSR yaitu dengan melakukan penanaman pohon-pohon di SDN sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan. Kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang betapa pentingnya kesehatan bagi lingkungan dan masyarakat. Karena seperti yang kita tau, daerah resapan air sangat sedikit, cuaca mulai tidak stabil, pemanasan global, dan gejala-gejala kerusakan alam lainnya. Dengan dilakukannya gerakan menanam pohon disekolah-sekolah ini dapat membantu mengurangi kerusakan alam yang mungkin akan terjadi.
Kegiatan ini dilakukan di SDN agar mereka menerapkan menanam pohon sejak usia dini sehingga mereka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya. Karena anak-anak jaman sekarang sudah mulai kehilangan rasa perduli terhadap lingkungan sekitarnya, mereka sudah termonopoli oleh teknologi, sibuk dengan gadgetnya masing-masing dan tidak memperhatikan sekitarnya dan sulit sekali bagi mereka untuk menjaga kelestarian lingkungan mereka.
Dengan dijalankannya program dari PT. Indofood ini juga diharapkan tidak hanya murid-murid SDN saja yang sadar lingkungan, tetapi guru-guru dan masyarakat sekitar juga mulai menjaga lingkungan, dengan menanam pohon-pohon disekitar sekolah atau rumahnya agar mereka mengerti betapa berartinya pohon-pohon dalam kehidupan  mereka, untuk sirkulasi udara dan juga untuk mengurangi cuaca panas yang diakibatkan oleh pemanasan global yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar