Minggu, 13 November 2011

Budaya dan Ibadah

saya merupakan sorang muslim yang wajib percaya pada Allah yang esa (satu). Tidak boleh percaya kepada selain Allah atau yang disebut dengan musyrik. sekarang bagaimana jika ibadah yang kita jalankana diselingi dengan kebudayaan yang bisa mengurangi keimanan kita. seperti mengadakan upacara adat yang menggunakan sesajen dan solawatan yang tujuannya untuk mencari berkah Allah swt.
Adalagi disekeliling kita orang - orang yg mengagung - agungkan makam. Mereka begitu mengkeramatkan sebuah makam seseorang. Kemudian orang - orang berbondong - bondong datang untuk berziarah ke makam tersebut. Memang berziarah kubur diperbolehkan bagi umat islam dengan tujuan mendo’akan sang ahli kubur tersebut karena mungkin mereka adalah salah satu pejuang agama, dan kita mengenang jasa-jasanya. Tapi kenyataanya tidak sedikit pula para peziarah yg meminta berkah dan keselamatan dimakam tersebut, padahal kita tahu bahwa orang yg sudah mati tidak akan bisa menolong orang yg masih hidup.
Sebenarnya ada banyak hal lagi kebudayaan yang keluar dari ajaran islam, sudah pasti ini sangat mengganggu kemurnian agama islam. Sekarang baiknya kita menjalankan ajaran agama dengan baik tanpa menyampur adukan dengan kebudayaan yang ada. Sehingga terhindar dari sifat musyrik dan sirik, semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt . amin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar